Tabungan Emas

Tabungan Emas –¬†Menabung dalam bentuk dana tunai atau uang adalah hal yang biasa. Kini bank berlomba untuk menerbitkan tabungan dalam bentuk¬† investasi emas. Dan penabung pun nantinya bisa mendapatkan emas 24 karat dari hasil tabungan emas nya.

Tabungan Emas

Tabungan Emas

Tabungan Emas

Pada awalnya tabungan emas ini dipelolori oleh Bank HSBC Syariah, namun sekarang Bank Syariah Mandiri (BSM) pun tak mau ketinggalan dengan menerbitkan tabungan investasi emas yang menggunakan portofolio emas 24 karat.

Dalam Tabungan emas Bank Syariah Mandiri (BSM), setiap nasabah nantinya akan diberikan sertifikat kepemilikan emas. Bentuk fisik emas akan disimpan di BSM atau di vendor yang telah ditentukan, satuan kepemilikan emas minimum sebesar 10 gram dan kelipatannya. Nasabah yang ingin memiliki tabungan investasi emas bisa langsung mendatangi BSM dan membuka rekening. Setoran dari nasabah yang berupa dana tunai akan dikonversi menjadi harga emas, sehingga bisa terlihat berapa gram emas yang ditabung. Untuk patokan harga kita aka mengacu ke LME (London Metal Exchange).

Minat investasi dalam bentuk emas ini cukup tinggi karena harga emas dari tahun ke tahun terus naik yang bisa mencapai 20-30 persen per tahun.

Menabung adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Namun menabung emas sepertinya hanya dilakukan oleh sebagian kecil orang saja. Penyimpanan atau menabung emas biasanya digunakan sebagai salah satu bentuk tabungan yang bisa dicairkan dalam waktu kapan saja disaat sedang dibutuhkan. Menyimpan emas sebagai bentuk tabungan memang merupakan salah satu tradisi yang dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Dan semakin lama emas disimpan maka akan semakin tinggi juga jual beli emas. Perlahan namun harga emas memang selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya mencapai 20%.

Emas adalah salah satu bentuk bisnis yang sangat menarik untuk semua orang. Keuntungan dalam melakukan bisnis emas adalah daya tahan yang snagat kuat akan inflasi. Selain itu harga emas tidak pernah menurun akibat inflasi, malah terjadi sebaliknya. Hal inilah yang melatarbelakangi tujuan seseorang dalam membeli emas disaat terjadi inflasi. Pembelian perhiasan emas atau emas batangan dalam skala yang besar biasanya terjadi disaat krisis ekonomi yang dialami oleh negara kita di tahun 1998. Hal ini juga sudah dilakukan oleh generasi yang sebelumnya dan juga sudah dilakukan oleh negara lain.

Tabungan emas atau juga bisnis emas batangan 24 karat. Karena hanya emas yang berkadar 24 karat saja yang aman, stabil, bebas akan inflasi, dan juga bisa lebih mudah dijual ke toko emas mana saja. Tabungan emas lantakan memang merupakan suatu metode yang klasik, namun hal ini sudah lama dilakukan. Namun apakah Anda tahu bahwa bisnis emas lantakan ini memberikan kentungan yang besar.

Investasi Emas

Dibawah ini ada cara melakukan investasi atau bisnis emas batangan adalah :

  1. Membeli emas di PT. Antam
    PT. Antam menjadi pilihan beberapa orang dan menjadi salah satu solusi yang tepat untuk melakukan investasi emas. Emas batangan yang dibeli di PT. Antam mempunyai sertifikat, dan selain itu tingkat kemurniannya mencapai sekitar 99.9%. Emas yang dibeli di PT. Antam mempunyai tingkat kredibillitas yang tinggi. Emas yang juga dijual sudah terjamin tingkat keasliannya dan dilengkapi dengan sertifikat. Selain itu, tingkat kenyamanan dan keamanan bisa didapatkan. Kontra dari pembelian Emas di PT. Antam adalah harga emas yang dijual lebih tinggi mencapai 2-5% dibandingkan dengan tempat yang lain misalnya adalah toko emas. Penyebabnya adalah karena PT. Antam yang menerapkan biaya pengolahan dan juga proses pemurnian.
  2. Membeli emas di PT. Pegadaian
    PT. Pegadaian m enawarkan program untuk bisnis emas yang disebut dengan MULIA-Murabahah Logam Mulia Investasi Abadi. Dan Hal inis udah banyak orang yang memilih dan mulai melakukan investasi atau bisnis emas dipegadaian akibat dari sistem pembelian emas yang bisa dilakukan dengan cara kredit dan bisa ditentukan juga berdasarkan dari kemampuan pada daya beli masing-masing individu. Keuntungan dari investasi atau bisnis di pegadaian adalah pembeliannya bisa dicicil. Sedangkan kelemahannya adalah semakin lama Anda mencicilnya, maka bunga yang harus Anda bayarkan pada Pt. Pegadaian juga akan semakin besar dan juga ada biaya penalti jika Anda mengalami penunggakan.

Alasan Mengapa Harus Investasi Emas

Beberapa hal yang harus Anda ingat dalam melakukan investasi atau bisnis emas adalah :

  1. Sebaiknya tentukan mengenai tujuan dan juga target pada waktu investasi emas
  2. Dan sebaiknya Anda melakukan investasi atau bisnis emas batangan karena harganya yang lebih stabil.
  3. Penyimpanan yang masih bisa memungkinkan unutk bisa disimpan dirumah, namun jika jumlahnya yang banyak, maka Anda bisa menyimpannya di dalam SDB atau Safe Deposit Box di Bank.
  4. Bisnis emas akan sangat menguntungkan jika Anda melakukannya minimal 3 tahun.
  5. Melakukan bisnis emas yang dilakukan dengan individu bisa melibatkan pihak yang lain misalnya adalah MLM, untuk bisa menghindari terjadinya penipuan.
  6. Memastikan di Logam Mulia ada tulisan 9999, serta logo dari produsen ANTAM, dan berat logam, serta serinya yang sesuai dengan yang tertulis pada sertifikat dalam bentuk kertas kecil yang berhologram.

Itulah informasi mengenai tabungan emas dan bisnis emas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Tabungan Emas

This entry was posted in Bisnis Emas and tagged , , , . Bookmark the permalink.

16 Responses to Tabungan Emas

  1. Mohon dapat dikirimkan system prosedur untuk melakukan tabungan emas di BSM dan apa manfaat yang diterima oleh si penabung

    Terimakasih
    Bona Pakpahan

  2. fajar says:

    Informasi yang bagus sekali gan, perlu dicoba untuk dpraktekan.
    Terima Kasih untuk berbagi.

  3. Army Ibrahim says:

    tabungan emas

  4. Dhoni S Sijauta says:

    Mohon kirimkan info lengkap mengenai tabungan emas antam dari bank mandiri syariah

  5. Tony says:

    Dimana bisa membuka tabungan emas di daerah Jatibening bekasi

  6. Saya mau menabung emas di bank syariah mandiri, tapi saya belum tahu harga detail uang muka untuk tabungan saya, maksudnya berapa uang yang akan saya sediakan jika ingin menabung emas sebanyak 20 gram? SAYA ingin bertanya langsung ke Bank namun waktuku tidak cukup, mungkin dengan layanan online seperti ini saya bisa mendapatkan penjelasan lebih rinci.

  7. wiwiet says:

    kalo buka rekening, minimal brapa ya?trus apabila ingin menabung minimal harus 10gr emas?tidak bsa bebas gramnya ya?min 1 gr?

  8. rina agustin haarahap says:

    sy msh bingung di artikel ini ditulis hny dgn uang 1,2 jt bisa dpt emas 24krt 10 gram, atau 10 jt dpt 7 btg emas 10gram maksudnya gmn? sy ke bank syariah lalu buka rekening nabung 1,2 jt bgitu kah/
    mohon dibalas

  9. Bambang Isnu Sularso says:

    mhn infonya lebih lanjut n sistem jual belinya, thanks..

  10. indra says:

    gimana cara inves emas ya…dan bagaimana ketentuannya…mksh

  11. Jorus Ruku says:

    Saya sempat menanyakan ke Bank Syariah Mandiri Di Denpasar perihal investasi emas. Karena saya ingin menginvestasikan sebagai percobaan sekitar Rp10jt. diberitahukan bahwa pada 4 bulan pertama saya akan membayar biaya administrasi atau jasa penyimpanan sekitar 2jt500 selama 4 bln. Itu berarti bahwa dalam waktu satu tahun saya harus beayar admin sebesar paling sedikit 7,5juta dari modal 10 jt. berapa besar keuntungan yang akan saya dapatkan jika uang atau emas saya disimpan di BSM selama setahun atau harga emas akan turun seperti sekarang ingin dan uang saya akan hangus?
    Mohon Penjelasannya.

    Jorus Ruku
    Denpasar

  12. bahar says:

    tolong dikirimkan cara menabung dan manfaat yang diterima

  13. omara says:

    sy sangat tertarik tp minim informasi langkah 2 yg hrs kami tempuh .

  14. mira says:

    assalamualaikum
    boleh saya tau lokasi bsm di bekasi yang melayani tabungan emas karena beberapa cabang yang saya datangi baru menyediakan layanan gadai syariah.
    mohon infonya segera.
    Terimakasih
    Wassalam

    Mira

  15. susiani says:

    saya mohon diberikan ilustrasi kepemilikan emas ,terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>